Minggu, 11 November 2012

Hari Pahlawan, masihkah kaum muda sekarang mengingat hari ini ?



H
ari Pahlawan, masihkah kaum muda sekarang mengingat hari ini ?

ari ini tepat tanggal 10 November 2012 dimana hari ini merupakan salah satu hari nasional yang di miliki bangsa ini. Ya, hari dikenal dengan hari pahlawan. Dimana hari ini dibuat untuk mengenang jasa pahlawan.  Dimana mereka telah memberikan sumbangsih yang sangat besar sehingga bangsa ini bisa menjadi bangsa yang berdiri sendiri dan terbebas dari penjajahan. Dimana mereka berjuang tak kenal henti, mengorbankan jiwa dan raga mereka hanya untuk satu tujuan yaitu terbentuknya NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Mereka dengan gagah berani terus berjuang melawan kejamnya penjajah. Dimana saat itu mereka tidak mempunyai senjata yang modern untuk menyeimbangkan kemampuan mereka untuk melawan atau hanya mengertak agar musuh takut. Senjata yang mereka punya hanya bambu runcing dan senjata yang seadanya, tetapi mereka tetap berjuang untuk mengusir penjajah, untuk membebaskan bangsa ini dari kejamnya penjajah dan mereka juga tidak ingin generasi mereka selanjutnya merasakan hal yang sama seperti yang mereka rasakan. Betapa besarnya perjuanggan mereka bukan ?

Tapi apakah kita sebagai generasi muda sudah memberikan yang terbaik untuk membalas jasa para pahlawan kita dulu ? apakah generasi sekarang masih menghargai jasa mereka ? saya sendiri menjawab belum. Tadi pagi saya menonton sebuah acara yang di liput oleh salah satu stasiun tv swasta yang cukup terkenal, mereka meliput dan menyiarkan upacara  untuk memperingati hari pahlawan, disana ada seorang repoter yang sedang mewawancarai seorang veteran, mungkin veteran itu  telah berumur 80’an tahun. Tetapi ia tetap semangat mengikuti acara upacara tersebut yang dipimpin langsung oleh bapak Presiden  Indonesia ini. Jujur saat saya menonton acara tersebut, saya merasa malu karna beliau yang usianya sudah sangat “senja” masih bersemangat mengikuti rangkaian upacara tersebut, tetapi saya sendiri dulu saat masih duduk di bangku sekolah terkadang malas mengikuti upacara bendera yang diadakan setiap hari senin pagi. Saya sendiripun sekarang merasa belum bisa membalas jasa mereka.  Dan  jika para pahlawan lalu yang telah berjuang untuk bangsa ini, sampai mereka mengorbankan nyawa mereka dan bisa bangun untuk melihat keadaan bangsa yang dulu mereka perjuangkan sampai titik darah penghabisan, bangsa yang mereka sangat cintai ini tengah dirundung banyak masalah. Terlebih dengan kaum muda yang sekarang kebanyakan telah melupakan jasa mereka, jikalau mereka bisa kembali hidup dan bertanya kepada kita, apakah kita bisa menjawab dan menjelaskan pertanyaan mereka ? 

Memang tidak semua generasi muda yang melupakan jasa dan pengorbanan para pahlawan, masih ada generasi muda yang berusaha memberikan sumbangsih kepada negeri ini, entah itu melalui lomba-lomba internasional dengan menjadi wakil negeri ini, lalu mencitai produk Indonesia, tetap melestarikan dan mencitai kebudayaan negeri ini. Banyak hal yang sebenarnya bisa kita lakukan sebagai generasi muda untuk membalas jasa para pahlawan kita,  tergantung bagaimana niat dari diri kita sendiri sebagai generasi muda untuk melanjutkan perjuangan mereka. saya sendiri pun akan berjuang untuk membalas jasa pahalawan, melalui tulisan-tulisan dan berusaha memberikan sumbangsih dalam bentuk nyata.  Bagaimana dengan kalian ? apakah kalian sudah terketuk pintu hatinya untuk membalas jasa para pahlawan kita ? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar