Sabtu, 07 Mei 2011

Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja ataupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab sangat penting di miliki oleh setiap orang. Jika seseorang tidak memiliki rasa tanggung jawab dalam dirinya tentu hal ini akan  berakibat tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga pada orang-orang yang ada disekitarnya.. Contohnya para pelajar, mereka memiliki tanggung jawab untuk belajar dan berprestasi  baik di sekolah ataupun dilingkungan sekitar, akan tetapi banyak dari pelajar yang melalaikan tanggung jawabnya, Disaat mereka (pelajar) seharusnya berada di sekolah dan menuntut ilmu tetapi mereka malah asik bermain game. Contoh lainnya yaitu pegawai yang melalaikan tanggung jawabnya. Mereka tidak bertanggung jawab atas pekerjaan mereka kepada para atasannya sehingga menyebabkan adanya pemecatan mereka dari pekerjaannya.

Banyak orang mengelak untuk bertanggung jawab, karena memang lebih mudah melepas tanggung jawabnya ketimbang bertanggung jawab atas apa yang ia lakukan. Sayangnya di negeri ini sangat banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab atas pekerjaannya. Hal ini dapat kita lihat dari begitu banyaknya kasus korupsi di negara ini, para pejabat memanfaatkan jabatan/kedudukannya unutk memdapatkan uang yang sebanyak-banyaknya, asik mengambil keuntungan untuk dirinya sendiri. Berikut merupakan hadist yang menyampaikan pesan kepada kita semua untuk bisa amanah/ bertanggung jawab.

Setiap orang dari kamu adalah pemimpin, dan kamu bertanggung jawab atas kepemimpinan itu”. (Al-Hadits, Shahih Bukhari – Muslim)  

Sebagai mahasiswa, saya pun mempunyai tanggung jawab. Tanggung jawab kepada masyarakat, kepada teman-teman mahssikswa lanniya, kepada dosen, dan kepsda orang tua, dan lainnya. Kepada orang tua, saya bertanggung jawab  unutk mendapatkan IPK yang bagus.  Kepada masyarakat, saya bertanggung jawab untuk aktif dalam agenda-agenda kemasyarakatan, dan lainnya.

Dari beberapa contoh di atas dapat di simpulkan betapa penting dan berharganya rasa tanggung jawab. Ingatlah bahwasannya, orang lain akan menilai kinerja kita.  Ingatlah, bahwasannya, sikap kepercayaan itu baru bisa kita dapatkan dengan salah satunya bertanggung jawab terhadapamanah yang kita emban. So, apakah kalian akan tetap ragu untuk memiliki dan membiasakan rasa tanggung jawab dalam diri kalian ? J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar