Sabtu, 07 Mei 2011

Pandangan Hidup

Setiap orang pasti memiliki pandangan hidupnya masing-masing.  Pandangan hidup memiliki pengaruh yang besar dalam hidup seseorang. Karena tanpa pandangan hidup seseorang tidak akan bisa maju dan tidak memiliki keinginan yang kuat dalam hidupnya. Pandangan hidup itu sendiri berupa pendapat atau pertimbangan yang merupakan hasil dari pemikiran manusia berdasarkan pengalaman hidupnya. Pandangan hidup setiap orang pasti berbeda-beda. Tetapi tak lantas menimbulkan perselisihan di antara kita.  

            Pandangan hidup sejatinya tidak selalu bermanfaat untuk diri kita sendiri, akan tetapi dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain jika salah dalam merancang perencanaan. Contohnya kasus terorisme yang beberapa tahun belakangan ini sering terjadi. Hal ini terjadi karena pandangan hidup mereka yang salah. Masalah ini terjadi karena kurang tepatnya pandangan suatu orang terhadap masalah kehidupan sehari – hari.  Mereka mengartikan suatu ajaran secara sepotong – sepotong dan hanya berdasarkan pada satu atau dua sumber, tidak menyeluruh, sehingga banyak sekali interpretasi yang salah untuk diaplikasikan kepada lingkungan. Biasanya, mereka berpandangan bahwa orang-orang yang menentang keyakinannya adalah musuh mereka dan orang-orang itu harus dimusnahkan dari muka bumi agar terciptanya kehidupan yang aman dan sejahtera. Padahal pandangan mereka terhadap masalah tersebut kurang tepat. Karena seharusnya, Bukankah orang yang keliru itu disadarkan dan di bimbing ke jalan yang benar ? bukan di musnahkan ?

            Tetapi pandangan itu seakan-akan sudah mendarah daging pada diri mereka dan pengikutnya. Bahkan mereka menganggap jika mereka melakukan hal itu mereka akan mendapat pahala yang besar dan jika mereka meninggal saat melakukan aksinya mereka menganggapnya sebagai mati syahid. Sungguh sangat ironis bukan ? Mereka juga tidak segan untuk menyebarkan ajarannya kepada orang – orang yang ada disekitarnya sehingga pengikut ajaran mereka semakin banyak. Dan hal tersebut tidak akan berhenti sebelum apa yang mereka inginkan tercapai. Meskipun para pemimpin mereka telah ditangkap dan dihukum mati mereka tidak akan berhenti.

            Supaya masalah ini selesai, hal ini tentu dapat diperbaiki dengan cara memperbaiki pandangan hidup mereka. Caranya kita dapat menyadarkan mereka melalui alat-alat elektronik dengan program-program acara yang membahas lebih dalam tentang agama dan yang lebih penting tentang hukum mati syahid itu sendiri. Jika pandangan mereka telah kembali benar, dengan sendirinya mereka akan menghentikan aksi-aksi mereka.  Wallahualam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar