Rabu, 09 Maret 2011

Pentingnya cinta kasih dalam keluarga


Sebelum saya membahas lebih jauh pentingnya cinta kasih dalam keluarga, saya akan membahas arti cinta itu sendiri. Cinta. Kata tersebut singkat tetapi mengandung banyak arti. Cinta dapat diartikan sebagai sebuah perasaan yang ingin saling dibagi terhadap orang-orang yang kita sayangi. Pendapat lainnya, cinta adalah sesuatu yang ingin dilakukan terhadap sesama baik itu seperti pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti dan mau melakukan apapun yang diinginkan oleh seseorang yang disukai. Menurut saya pribadi, cinta merupakan suatu perasaan yang pasti dimiliki oleh setiap insan yang bernyawa di dunia ini. Cinta merupakan perasaan yang tulus dan murni, cinta tidak dapat dipaksakan dan cinta tidak membuat seseorang berbuat kejahatan, tetapi rasa cinta itu kembali ke diri seseorang itu sendiri, bagaimana seseorang itu dapat menahan  dan mengontrol rasa cinta itu sendiri.
 Cinta memiliki peranan penting dalam kehidupan, termasuk dalam keluarga. Dalam keluarga, rasa cinta kasih yang begitu kuat baik datang baik dariorang tua yang memberikan cinta kasih kepada anak-anaknya, atau sebaliknya cinta kasih yang dimiliki anak-anaknya kepada orang tua  dan kepada saudara-saudaranya. Sekarang kita semua bisa membayangkan bahwa dengan cinta akan betapa harmonisnya suatu keluarga itu dqan akan berartinya makna dari sebuah keluarga itu sendiri.Dalam keluarga, cinta kasih yang didapatkan anak dari orang tua dan keluarganya, memiliki dampak positif terhadap tumbuh kembang anak. Anak-anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik, ceria dan menyenangkan dan tidak sedikit dari anak-anak itu tumbuh menjadi seseorang yang berprestasi. Tentu hal ini merupakan sesuatu yang di cita-citakan oleh semua orang tua di dunia ini. Namun tenyata, selain rasa cinta kasih orang tua kepada anak, ternyata rasa cinta kasih juga harus terjaga dalam hubungan suami istri.
Akan Tetapi, jika dalam suatu keluarga tidak terdapat rasa cinta kasih didalamnya maka rasa harmonis didalam keluarga akan sangat sulit untuk didapat oleh masing-masing anggota keluarga. Sebagai contoh, orang tua yang kurang memberikan cinta kasih kepada anak-anaknya , akan membuat anak-anak itu tumbuh dalam rasa kesepian, kekecewaan dan membuat anak-anak itu akan melarikan rasa kekecewaan dan rasa kesepiannya ke hal-hal yang kurang baik. Merokok, memakai narkoba dan pergaulan bebas merupakan contoh yang dapat saja dilakukan oleh anak-anak yang merasa kecewa dengan cinta kasih dalam keluarga. Lalu, hubungan yang tidak baik diantara hubungan suami-isteri, saling mencaci dan menjelek-jelekan satu sama lain juga mungkin akan terjadi akibat tidak ada jembatan cinta dan kasih sayang diantara keduanya. Maka penting bagi kita semua, sebagai manusia yang memiliki cinta, untuk menjaga rasa cinta itu, mencintai orang-orang yang kita cinta dalam keluarga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar