Minggu, 07 Oktober 2012

Perlukah Mahasiswa Berfikir Kritis ?


Perlu di akui pada zaman sekarang sulit mencari generasi muda yang mau berfikir kritis. Generasi muda saat ini enggan untuk memikirkan dan mememperhatikan keadaan negara, mereka enggan menghabiskan waktu dengan berpanas-panasan untuk menyuarakan aspirasi mereka. Mereka hanya fokus memikirkan trend apa yang saat ini sedang hits. Tentu generasi muda saat ini sangat berbeda jauh dengan keadaan generasi muda pada saat sebelum kemerdekan sampai 1990an. Generasi muda saat itu sangat berfikir kritis untuk kemajuan negaranya. Bahkan mereka rela berpanas-panasan, kelaparan atau bahkan sampai mengorbankan diri mereka untuk kemajuan negara ini. Mereka melakukan itu semua hanya untuk terciptanya negara NKRI dan agar NKRI di hormati oleh negara-negara lain. Tentu keadaan ini sangat miris bukan ?
            Mencari mahasiswa yang mampu berfikiran kritis ibarat “mencari jarum dalam tumpukan jerami”. Bahkan setiap lembaga pendidikan baik itu di PTN atau PTS belum tentu semua mahasiswanya mau berfikiran kritis. Ada ungkapan “Majunya suatu negara terletak pada generasi muda yang ada pada negara itu”. “Hancurnya generasi muda berarti hancurnya suatu negara”. Sebenarnya hal yang paling utama menyebabkan hal ini bisa terjadi karna pemerintah juga tidak memberikan ruang yang cukup untuk para generasi muda untuk menyampaikan aspirasi mereka dalam ruang publik sehingga minat mahasiswa untuk berfikiran kristis pun semakin lama semakin menurun. Ketika hal ini terjadi barulah pemerintah menyiapkan beberapa program dan usaha agar minat generasi muda sekarang untuk berfikir kritis tumbuh lagi. Bukankah hal ini terlambat ?

 
           Memang pemerintah sudah membuat program dan acara-acara untuk merangsang dan mengajak agar generasi muda sekarang mau berfikiran kritis. Namun perlu di perhatikan juga bahwa usaha-usaha yang ada belum sepenuhnya sukses mengajak generasi muda untuk berfikir kritis. Perlu ada suatu trobosan dan usaha yang lebih keras lagi agar tujuan itu tercapai. Kita sebagai masyarakat dan pastinya sebagai bagian dari NKRI tentu tidak boleh hanya diam menunggu arahan dari pemerintah. Kita juga harus kembali aktif memikirkan kemajuan negara ini. Jika negara ini maju bukankah kita sebagai bagian dari NKRI yang juga akan ikut merasakan dampaknya ? J   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar