Selasa, 01 Mei 2012

VIRTUAL CLASS


BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Virtual class atau bila disingkat v-class merupakan fasilitas pembelajaran online yang dimiliki oleh universitas Gunadarma. Pengertian v-class itu sendiri adalah fasilitas pembelajaran online yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar secara online oleh dosen dan mahasiswa. 

Virtual Class dilaksanakan sebanyak 3x pertemuan dalam satu semester dan memiliki bobot yang sama dengan tatap muka kelas. Pertemuan tersebut merupakan kesepakatan antara dosen dan mahasiswa. Penilaian kegiatan pembelajaran ini merupakan bagian dari keseluruhan Nilai Akhir mahasiswa. 


1.2 Rumusan Masalah

1.      Kelebihan v-class
2.      Kelemahan dari v-class


1.3Tujuan Penulisan

1.      Menjelaskan Kelebihan dari v-class
2.      Menjelaskan kelemahan dari v-class


BAB II

PEMBAHASAN

2.1            Kelebihan dari Virtual Class

Bagi mahasiswa atau mahasiswi Gunadarma pasti sudah tidak asing lagi tentang Virtual Class atau yang lebih dikenal V-class. Fasilitas yang disediakan oleh gunadarma ini tentu sangat membantu mahasiswa dalam proses belajar-mengajar. Karna selain mahasiswa tidak perlu datang ke kampus, hanya dari rumah mahasiswa  bisa dengan mudah mengakses link v-class kapan saja sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh dosen yang bersangkutan. 
Berikut kelebihan lain yang didapat dari v-class, yaitu :  

A.    Dengan membuka link v-class mahasiswa/i sudah bisa langsung mendownload materi dan mengerjakan quiz yang diberikan dosennya dan juga bisa langsung mengetahui nilai dari quiz tersebut.
B.     Bila quiz yang pertama nilai mahasiswa kurang memuaskan mahasiswa bisa mengulang quiz dengan materi yang sama sebanyak 3 kali, sehingga dapat membantu nilai quiz yang sebelumnya kurang memuaskan.  
C.     Dalam v-class juga disediakan forum untuk mahasiswa menyampaikan pemikirannya atau komentarnya tentang materi yang diberikan. Dalam forum itu mahasiswa juga bisa bertukar pikiran tentang materi yang diberikan dengan sesama teman sekelasnya atau bahkan dengan dosen yang bersangkutan secara online.
  
2.2            Kelemahan Virtual Class

Virtual Class atau V-Class memang memiliki kelebihan yang membantu mahasiswa/i universitas Gunadarma. Namun selain memiliki kelebihan ternyata virtual class juga memiliki kelemahan yang justru menyusahkan mahasiswa/i universitas Gunadarma. Contohnya saja, ketika mahasiswa/i ingin mengikuti v-class mahasiwa/i harus terlebih dahulu login untuk bisa mengakses materi dan quiz yang disediakan oleh v-class. Ketika login mahasiswa/i harus memasukkan username dan password yang merupakan npm dan password studentsite yang dimiliki oleh masing-masing mahasiswa/i Gunadarma. Namun, tidak sedikit ketika mahasiswa/i login mereka tidak bisa masuk atau login karna kesalahan teknis yang tentu saja merugikan mereka, sebab dengan tidak bisanya mereka login mereka tidak dapat mengakses materi yang di berikan dosennya dan mengikuti quiz yang diadakan dan tidak dapat menikmati kelebihan-kelebihan lainnya dari v-class. Mereka harus secepatnya menemui dosen mereka masing-masing untuk melapor yang tentu saja merepotkan mahasiswa/i yang bersangkutan. Terlebih bila dosen mereka sedang sibuk sehingga jarang berada di area kampus dan waktu v-class yang diberikan telah habis. Akhirnya mahasiswa/i yang bersangkutan tidak mendapatkan nilai atau mungkin digantikan dengan diberi tugas lain atau bisa login namun dengan waktu yang mungkin sedikit “terlambat”.   


BAB III

PENUTUP


3.1 Kesimpulan

Virtual class merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh universitas Gunadarma untuk memudahkan sistem belajar mengajar dalam perkuliahan.

3.2 Saran

Sebaiknya petugas yang mengatur atau melayani v-class lebih gesit atau “mengontrol” lebih baik lagi agar semua mahasiswa/i bisa login v-class dengan lancar.


DAFTAR PUSTAKA






Tidak ada komentar:

Posting Komentar