Selasa, 01 Mei 2012

APA ITU SEMANTIC WEB??


BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah

Semantic web belakangan ini mulai dikenal oleh masyarakat luas, ia merupakan perkembangan dari web 3.0 yang  bisa disebut sebagai evolusi dari WWW (World Wide Web), yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2002.  Istilah web semantik itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web. Sekarang, prinsip web semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World Wide Web. Bahkan Web 3.0 itu sendiri sering disamakan dengan web semantik. Web semantik menggunakan XML, XMLS (XML Schema), RDF, RDFS (Resources Description Framework Schema) dan OWL.

Menurut saya semantic web merupakan ilmu teknologi yang memungkinkan komputer memiliki kemampuan untuk mengerti akan makna informasi yang ia dapatkan dari web. Misalnya seorang user(pengguna) ingin mencari data atau artikel di salah satu situs pencarian, contohnya google. Terkadang informasi yang muncul tidak sesuai dengan apa yang user butuhkan, dengan adanya web semantic ini dapat membantu user mendapatkan data atau artikel yang user butuhkan. Dengan salah satu caranya user bisa menambahkan tanda petik (“ ”) pada judul artikel yang user ingin mencarinya. Contohnya “tutorial semantic web”. Maka artikel-artikel yang akan muncul adalah artikel yang benar-benar mengandung informasi mengenai judul yang di cari. Selain itu kelebihan semantic web adalah kemampuan aplikasi komputer untuk lebih memahami bahasa manusia, bukan hanya bahasa yang baku dari para penggunanya tetapi juga bahasa yang lebih kompleks, seperti dalam bahasa percakapan sehingga memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan mesin. Web semantik dapat mengolah bahasa dan mengenali homonim, sinonim, atau atribut yang berbeda pada suatu database.

1.1  Rumusan Masalah

1.      Kekuatan bahasa semantic web
2.      Isu dari semantic web
3.      Evolusi web


1.2  Tujuan Penulisan

1.      Menjelaskan kekuatan bahasa semantic web
2.      Menjelaskan isu yang mungkin terjadi pada semantic web



BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Kekuatan Bahasa Semantic Web 

Kekuatan utama dari bahasa Semantic Web adalah bahwa ada orang yang dapat membuat, hanya dengan menerbitkan beberapa RDF yang menggambarkan satu set URI.. Kita telah melihat bahwa RDF Schema dan DAML adalah bahasa yang sangat kuat untuk diciptakan. 

Karena kita menggunakan URI untuk setiap istilah dalam bahasa kita, kita dapat mempublikasikan bahasa dengan mudah tanpa rasa takut mungkin akan disalahartikan dan dengan mengetahui bahwa siapa pun yang memiliki prosesor generik RDF dapat menggunakannya. 

2.2 Isu dari Semantic web

Berikut merupakan Isu yang mungkin terjadi dengan Semantic Web adalah

· Apakah pengguna bisa mempercayai sistem
· Aman-bagaimana menyimpan itu?
· Apakah akan membatasi informasi pengguna fromsome?


web semantik membawa prospek yang bagus untuk manajemen informasi pada web. Keuntungan dari web semantik tidak terbatas, itu memperluas cara informasi yang  dikelola di web dan membantu meningkatkan pencarian waywe informasi dan mengatur  informasi di web dan mungkin pada teknologi komputer kecil lainnya. Teknologi informasi diperkenalkan begitu cepat untuk mengelola dan juga bisa untuk keamanan di internet. 

2.3 Evolusi web 

 


BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Semantic web memang memiliki beberapa kelebihan bila di banding versi web sebelumnya.  Salah satu kelebihan yang sangat membantu pekerjaan manusia adalah ia di lengkapi kemampuan untuk dapat lebih mengerti akan makna dari informasi yang diberikan user.

3.2  Saran

Semantic web belum begitu dikenal oleh semua orang di seluruh dunia tidak seperti versi web sebelumnya. Sebaiknya semantic web harus lebih di perkenalkan agar semua orang tau tentang semantic web dan lebih mengerti tentang semantic web.



DAFTAR PUSTAKA










Tidak ada komentar:

Posting Komentar